Senin, 29 September 2014

TUGAS PERAKITAN KOMPUTER


 

Tension-Tension Processor


Prosesor merupakan salah satu komponen yang paling mempengaruhi kinerja suatu jaringan komputer.
Kemampuan komputer dalam mengolah data sangat ditentukan oleh kecepatan yang dimiliki oleh CPU komputer.
Jika suatu CPU memiliki kecepatan 500 MHz, maka artinya dalam waktu satu detik komputer bisa mengerjakan 500 milyar perintah.

Macam - Macam Processor Komputer
Dan berikut adalah beberapa jenis prosesor dan keunggulan yang dimilikinya :
1 Intel P4 (pentium 4)
Pada awal kemunculannya Intel P4 dilengkapi dengan soket 423, tapi kemudian di-upgrade dengan soket 478 yang membuatcarakerja CPU menjadi lebih fleksibel.  
Kecepatan yang dimiliki oleh prosesor ini mencapai kecepatan di atas 1 GHz.
2 AMD Athlon
Merupakan saingan terberat yang dimiliki oleh Pentium 4.
Kemampuan yang dimiliki oleh prosesor pentium III, namun untuk masalah kecepatan prosesor ini masih berada di bawah pentium 4.
Kecepatan yang dimiliki oleh CPU berbasis Atlhlon menjadi lebih cepat ketika AMD meluncurkan seri chipset yang mendukung DDR.
3 Pentium III
Pentium III yang menggunakan soket 370 memiliki kecepatan yang lebih rendah.
Kecepatan yang dimiliki oleh pentium ini rata – rata 500 – 700 MHz.
4. Pentium II
Pentium ini merupakan penggabungan fitur terbaik yang dimiliki Pentium MMX dan Pentium Pro, dan semuanya tergabung dalam satu chip.
Pentium II terdapat dalam slot 1 dan slot 2 yang kesemuanya memiliki kecepatan rata – rata 200 MHz – 400 MHz.
5. Pentium MMX
Pentium ini merupakan pentium andalan dalam menjalankan aplikasi multimedia.
Kecepatan yang dimiliki oleh prosesor ini memiliki keunggulan 60 % lebih cepat daripada produk pentium lainnya dalam menjalankan program multimedia yang sama.
Sumber: http://evaervina24.blogspot.com/p/jenis-Jeni-prosesor prosesor.html

Pengertian Socket Processor S ocket adalah TEMPAT dudukan prosesor. dudukan berbentuk Segi Empat Artikel Baru Lubang-Lubang Kecil TEMPAT tertancapnya kesemek-kesemek (pin-pin) prosesor yang tersusun membentuk matriks 2 dimensi.  Susunan, parkir, Dan jarak pagar Antar Lubang sama terus menerus untuk Artikel Baru susunan, Parkir, Dan jarak pagar Antar pin mortality prosesor. Istilah soket (nama lengkapnya adalah soket CPU atau prosesor Socket) telah digunakan secara luas Dalam, Dunia Komputer untuk menggambarkan Konektor yang menghubungkan motherboard Artikel Baru prosesor, khususnya untuk tipe Komputer Desktop Dan Server. Prosesor Yang dimaksud di Sini terutama prosesor berarsitektur Intel x86. Banyak, Sekali ditemukan soket-soket mortality motherboard yang diproduksi menggunakan arsitektur PGA (Pin Grid Array). Seperti telah disinggung di atas, iB Socket tersebut Banyak, Lubang- lubang TEMPAT tertancapnya (diselipkannya) pin-pin atau kesemek-kesemek prosesor yang terletak di Sisi Bawah permukaan prosesor. Socket Contoh yang menggunakan arsitektur Suami adalah: 1 ·  Soket 5 yang memiliki 296 pin CPGA ( Keramik Pin Grid Array ). CPGA Prosesor yang didesain menggunakan Sistem koneksi CPGA umumnya berbentuk lempengan persegi. Salah Satu permukaannya terbuat bahasa Dari Bahan keramik (ceramic) TEMPAT terpasangnya atau tertancapnya pin-pin prosesor. Bila prosesor dipasang mortality Socket Yang ADA di motherboard, pin-pin itulah yang masuk atau menyelip Ke Lubang Socket yang TERSEDIA. Lubang-Lubang soket didesain kompatibel Artikel Baru pin-pin prosesor BAIK jarak pagar maupun ukuran lubangnya, sehingga setiap pin Bisa tepat terpasang masuk Ke setiap lubang soket yang menjadi pasangannya. Jumlah pin mortality setiap JENIS prosesor belum tentu sama, tergantung varian prosesor dan Pabrik pembuatnya. Begitu pula JENIS stopkontak. Socket Suami digunakan untuk prosesor AMD K5 SSA5. 
·  Soket A Yang memiliki 462 Pin CPGA. Soket Suami biasanya digunakan Diposkan prosesor AMD K7 Thunderbird (Athlon Thunderbird ). Sebenarnya prosesornya Sendiri memiliki 462 pin, 9 pin diantaranya tertutup (regular tidak ADA), sehingga secara Nyata hanya memiliki 453 pin. Alt Inilah kekhususan Dan socket tipe A (462 Pin CPGA).    2 ·  Soket A (EV6) Yang memiliki 462 pin OPGA ( Organic Pin Grid Array ) . OPGA Prosesor Yang didesain menggunakan Sistem koneksi OPGA umumnya berbentuk lempengan Persegi, mirip seperti bentuk prosesor CPGA Salah Satu permukaannya terbuat bahasa Dari Bahan plastik organik (plastik organik) TEMPAT terpasangnya atau tertancapnya pin-pin prosesor.   Contoh prosesor AMD Yang menggunakan Soket Suami adalah Athlon XP. Masih Banyak, contoh gambar-contoh gambar prosesor AMD Yang menggunakan Soket berarsitektur PGA. Socket 296 berarti dudukan prosesor tersebut memiliki 296 Lubang. Mencari Google Artikel Baru sendirinya socket tersebut untuk dudukan prosesor Yang jumlah pedagang kaki atau pin-pin-nya sebanyak 296 pin. Begitu juga pengertian untuk Soket-Soket berarsitektur PGA TOTAL. dudukan prosesor iB motherboard regular tidak Selalu berbentuk Soket, ADA pula Yang berbentuk Slot, atau dapat dikatakan dudukan berbasis Slot (memang bentuknya lebih mirip slot yang ekspansi yang bahasa Dari Mortality Soket). prosesornya Sendiri dikemas menggunakan dudukan berbentuk Slot Yang disebut koneksi tepi tunggal. Contoh prosesor AMD Yang menggunakan dudukan Slot berarsitektur Suami, ANTARA berbaring prosesor AMD K7 (Athlon Argon, Pluto, Orion Dan Thunderbird ). Nama slot-nya adalah slot yang A.       Selain jenis soket-soket tersebut, masih ada lagi jenis soket yang lain, yaitu socket A (untuk prosesor AMD dengan jumlah pin 462), Soket AM2 (untuk prosesor AMD dengan jumlah pin 940), soket F dan lain-lainnya.Pengertian Socket Processor
Sumber:
http://evaervina24.blogspot.com/p/blog-page_22.html





RAM adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pengolahan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer. Berikut adalah jenis-jenis dari RAM.

1.      RAM (Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang secara berkala harus disegarkan oleh CPU agar data yang terkandung didalamnya tidak hilang.
2. SDRAM (Sychronous Dynamic RAM) adalah jenis RAM yang merupakan kelanjutan dari DRAM namun telah disinkronisasi oleh clock sistem dan memiliki kecepatan lebih tinggi daripada DRAM. Cocok untuk sistem dengan bus yang memiliki kecepatan sampai 100 MHz.
3.   RDRAM (Rambus Dynamic RAM) adalah jenis memory yang lebih cepat dan lebih mahal dari pada SDRAM. Memory ini bisa digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium 4.
4.      SRAM (Static RAM) adalah jenis memori yang tidak memerlukan penyegaran oleh CPU agar data yang ada di dalamnya tetap tersimpan dengan baik.  RAM jenis ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari DRAM. SDRAM.
5.  EDO RAM (Extended Data Out RAM) adalah jenis memori yang digunakan pada sistem yang menggunakan Pentium. Cocok untuk yang memiliki bus denagan kecepatan sampai 66 MHz.
Sumber:http://gardapengetahuan.blogspot.com/2013/02/pengertian-ram-fungsi-ram-dan-jenis-ram.html


Floppy Disk
Floppy Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan komputer portable yang jaya pada era tahun 1990-an. Sempat populer karena dapat mengangkut file dari komputer ke komputer lain. Seiring perkembangan zaman Floppy Disk telah bergeser dan berkembang pesat ke teknologi yang lebih maju.


Fungsi
Floppy Disk berfungsi untuk menyimpan data dengan memory terbatas yang hanya mencapai 1.44 Mb saja. Data yang di simpan juga dapat di akses ke komputer lain bertujuan untuk mengangut data di dalam Floppy Disk untuk kemudian dapat di akses isinya.
Sumber http://anisachristanti10.blogspot.com/2013/03/pengertian-dan fungsi-floppy-disk.html




Pengertian Hard Disk
Hard DiskHard disk merupakan salah satu media penyimpan data pada komputer yang terdiri dari kumpulan piringan magnetis yang keras dan berputar, serta komponen-komponen elektronik lainnya. Hard disk menggunakan piringan datar yang disebut dengan platter, yang pada kedua sisinya dilapisi dengan suatu material yang dirancang agar bisa menyimpan informasi secara magnetis. Platter-platter tersebut disusun dengan melubangi tengahnya dan disusun pada suatu spindle. Platter berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi yang dikendalikan oleh spindle motor yang terhubung pada spindle. Alat elektromagnetik baca tulis khusus yang bernama head terpasang pada slider dan digunakan untuk menyimpan informasi ke dalam piringan atau membacanya. Slider terpasang di atas arm, yang kesemuanya terhubung secara mekanis pada suatu kumpulan tunggal dan tersambung pada permukaan piringan melalui suatu alat yang disebut dengan actuator. Selain itu ada juga logic board mengatur aktifitas komponen-komponen lain dan berkomunikasi dengan PC.
Setiap permukaan pada satu platter bisa menampung sekitar sepuluh milyar bit data yang diorganisasikan pada suatu “potongan” yang lebih besar dengan alasan kemudahan, dan memungkinkan pengaksesan informasi dengan lebih mudah dan cepat. Setiap platter memiliki dua head, satu di atas dan satu lagi di bawah, sehingga hard disk dengan dua platter memiliki empat permukaan dan empat head. Setiap platter menyimpan informasi dalam lingkaran-lingkaran yang disebut dengan track. Kemudian tiap track “dipotong-potong” lagi menjadi beberapa bagian yang disebut dengan sector, yang mana masing-masing sector menampung informasi sebesar 512 bytes.
Seluruh hard disk harus dibuat dengan tingkat presisi yang sangat tinggi karena komponen-komponennya berukuran sangat kecil. Bagian terpenting dari hard disk harus ditempatkan pada suatu tempat yang tidak bisa dimasuki udara untuk memastikan tidak ada benda asing yang masuk dan menempel pada permukaan platter yang bisa menyebabkan kerusakan head.
Platter
Platter (sering disebut juga dengan “disks” atau “discs”) terdiri dari dua bahan: benda padat yang membentuk platter itu sendiri dan zat magnetis yang membungkus platter, yang digunakan untuk menyimpan data. Nama “hard disk” itu sendiri sesungguhnya didapatkan dari sifat platter yang keras jika dibandingkan dengan “platter” yang dimiliki disket (floppy disk) atau media lainnya yang fleksibel.
Dikarenakan platter adalah bagian yang digunakan untuk menyimpan data, maka kualitasnya harus benar-benar baik. Tiap permukaan platter benar-benar dibuat dan diperlakukan dengan sangat tepat (melalui mesin tentunya) untuk menghindari cacat, serta hard disk itu sendiri dibuat pada suatu ruangan yang bersih (“clean room”) untuk menghindari partikel-partikel asing menempel pada platter pada saat pembuatannya.
Ukuran dari platter adalah hal utama yang menentukan ukuran hard disk secara keseluruhan, yang juga sering disebut dengan form factor. Setiap hard disk diproduksi dengan berbagai jenis form factor yang standar, diantaranya 5.25-inchi, 3.5-inchi, 2.5-inchi, PC Card dan CompactFlash.
Komponen Dasar Hard Disk  

Fungsi Hardisk
Fungsi utamanya sebagai media penyimpanan atau storage data secara permanen.
Hard disk menyimpan bermacam-macam informasi, salah satunya informasi mengenai hardware yang ada di dalam PC tersebut, lalu OS itu sendiri. Hard disk merupakan salah satu komponen yang menentukan kinerja PC. Semakin cepat hard disk bekerja, semakin cepat pula transfer yang dihasilkan. Hard disk IDE mempunyai 4 tingkatan kelas, masing-masing Ultra DMA/33, Ultra DMA/66, Ultra/100, dan Ultra DMA/133. DMA singkatan dari Direct Memory Access yang berfungsi untuk meningkatkan transfer data. Maksud Ultra DMA/33 adalah daya transfer rata-ratanya 33 MBps

Jenis – Jenis Hard Disk:
v   Disk ATA / EIDE  , hard disk Pasal Baru tipe EIDE (Enhanced Integrated electronics drive) atau tipe ATA (Advanced Technology Attachment) Adalah standar Anda Andari English Barat barat terbaru suatu Antar Muka disk yang Yang Yang Sesuai untuk koneksi Ke bus Banyak, PRODUSEN disk yang memiliki Yang Rentang disk yang Yang MENCARI Google Artikel Baru Antar Muka EIDE / ATA disk yang Yang semacam ITU dapat dihubungkan lama dinyanyikan Ke bus PCI, Yang Kematian digunakan Banyak, PC (personal computer). Keuntungan berkendara EIDE / ATA Yang signifikan Adalah harganya Yang CUKUP Murah, KARENA penggunaannya di Pasaran PC.Salah Satu Kekurangan utamanya Adalah diperlukan controler terpisah untuk TIAP berkendara Jika Doa berkendara digunakan bersamaan untuk meningkatkan performa.Salah Satu PRODUSEN Chip Yang terkenal sudah menyertakan controler Yang                       memungkinkan disk EIDE / ATA dihubungkan langsung ke motherboard.
v Disk SCSI, banyak disk memiliki antar muka yang didesain untuk koneksi ke bus SCSI standar. Disk tersebut cenderung lebih mahal, tetapi mempunyai performa yang lebih baik, yang dimungkinkan karena kelebihan bus SCSI daripada bus PCI. Akses yang bersamaan dapat dilakukan ke banyak disk drive karena antar muka drive secara aktif dihubungkan ke bus SCSI hanya pada saat drive tersebut siap untuk transfer data. Hal ini terutama berguna dalam aplikasi dimana terdapat sejumlah besar request untuk file kecil, yang sering terjadi dalam komputer yang digunakan sebagai file server.
v Disk RAID, menjanjikan performa yang luar biasa dan menyediakan penyimpanan yang besar dan handal. Disk tersebut digunakan baik dalam komputer performa tinggi atau dalam sistem yang memerlukan keandalan yang lebih tingi dari tingkat normal. Akan tetapi, dengan semakin menurunnya harga ke tingkat yang lebih terjangkau, disk tersebut menjadi lebih menarik bahkan untuk sistem komputer dengan ukuran rata – rata.
 Disk SATA , hard disk SATA Artikel Baru tipe (Serial Advanced Technology Attachment), yaitu antarmuka disk ATA (Advanced Technology Attachment) Artikel Baru Versi Serialnya menggunakan Kabel Tipis Yang memiliki jumlah Kabel Kecil sekitar doa pertiga bahasa Dari total dari disk Kabel harddisk Artikel Baru tipe EIDE atau ATA Yang berjumlah 39 pin Dan SATA mempunyai kecepatan pengiriman data yang Ulasan Sangat Tinggi Serta mengurani latensi. Sehingga serial bus Suami Mampu melebihi kecepatan bus paralel.
v SATA dalam mentransfer data secara berurutan atau serial lewat kabelnya dan juga secara teknik SATA menyusun sendiri disk yang tersambung ke dalam motherboard tanpa adanya sistem master ataupun slave, sehingga kabel SATA hanya dapat digunakan pada satu hard disk. Tipe hard disk yang telah dibahas ini, semuanya masuk dalam kategori internal hard disk, maksudnya yang diinstall di dalam CPU. Selain internal hard disk ada juga eksternal harddisk (hard disk yang berada diluar CPU), jadi bisa dipindah – pindahkan. Eksternal hard disk mempunyai kecepatan rotasi 7200 rpm, pemasangannya sangat mudah, tidak perlu membongkar PC dan hanya dengan menghubungkan port USB ke PC, dan dapat mentransfer data 480 Mbps.


Jeni 's Drive Optik



Optical Drive merupakan perangkat keras penyimpan data dengan menggunakan media penyimpanan berupa keping CD?DVD dan dilakukan dengan teknologi optik.teknologi optik yang digunakan media ini adalah penggunaan laser untuk menulis dan mengambil data. Jenis jenis Optical drive adalah:
·          CD-ROM
CD-ROM singkatan dari compact Disc-Read Only Memory adalah suatu alat yang digunakan hanya sekedar membaca Compact Disk (Keping CD)
·          CD-RW
CD_RW disebut juga CD-writer yaitu suatu alat yang selain mampu untuk membaca isi kepingan CD, juga mampu menulisnya.CD_RW memiliki kecepatan yang bervariasi dan yang tercepat saat ini adalah 52x48x36 hal ini dapat diterjemahkan sebagai kecepatan baca(read) 52 kali,kecepatan menulis(Write) 48 kali, dan Kecepatan untuk Rewrite sebesar 36kali
·          DVD-ROM
Seperti CD_ROM, DVD_ROM juga berfungsi untuk membaca saja tetapi dalam hal ini selain bisa membaca DVD juga bisa membaca CD yang bisa dibaca CD-ROM
·          DVD Combo
Dvd combo memiliki kemampuan yang istimewa selain mampu membaca sebuah keping CD dan DVD juga mampu menulis keping CD akan tetapi untuk menulis di keping DVD tidak bisa
·          DVD-RW
Alat yang satu ini baru komplit lagi selain bisa membaca format CD dan DVD alat ini juga bisa untuk menyimpan data CD dan DVD
·          CD / DVD Duplicator
Duplikator adalah teknologi baru yang memberikan solusi murah untuk menggandakan sejumlah dvd dan cd bagi user. ini merupakan sistem yang berdiri sendiri dan tidak membutuhkan komputer atau software apapun untuk mengoperasikannya. Duplikator terdiri atas tiga komponen, yaitu Source Drive,Target Drive dan Duplication Controller Card,Source Drive tempat memasukkan cd master original,Target drive adalah tempat memasukkan media kosong hendak ditulisnya,Controller Card seperti hati dan otak pada manusi, yaitu mengontrol aliran data antar source dan target

VCD adalah media audio visual yang menampilkan gerak, yang dapat menyajikan gambar-gambar hidup yang disertai suara, sehingga mampu mengaktifkan alat indera seperti mata, telinga pada proses belajar mengajar, dan materi yang disajikan akan lebih menarik, dan tidak membosankan. (22) VCD adalah bahan atau perangkat keras berisi pesan atau informasi yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan maksud menyampaikan pesan atau informasi pembelajaran dari sumber (guru atau sumber lain) kepada penerima dalam hal ini peserta didik atau siswa yang disajikan dengan menggunakan pembaca (player) VCD (Video Compact Disc).
VCD juga berarti bahan optik atau perangkat keras yang berisi program, berisi pesan atau info yang menampilkan gerak (visual), suara (audio), dengan maksud menyampaikan pesan atau info dari sumber kepada penerima yang disajikan dengan peralatan (player atau VCD). Jenis video menurut Ibrahim dibedakan menjadi dua kelompok yaitu :
1.      Video pengajaran yaitu video yang dirancang dan diproduksi untuk tujuan pengajaran dan pembelajaran. 2 video sumber yaitu video apa saja yang berunsur pendidikan yang dieksploitasi secara sistematis untuk mencapai tujuan pendidikan. (23)
Jadi video yang digunakan dalam penelitian ini adalah termasuk dalam video sumber dalam format VCD yang dimanfaatkan kedalam kegiatan pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu pada biadang Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah terutama kelas II di MI Poemusgri Gresik.
2.       VCD yang digunakan dalam penelitian ini adalah VCD tuntunan tata cara sholat berjama'ah. Yang dilengkapi gambar tata cara sholat berjamaa'ah dengan baik dan benar.  Yang diproduksi oleh: Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jogjakarta, Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Compact disc (CD)

Compact disc, atau sering disebut dengan CD, adalah piringan optikal yang digunakan sebagai media penyimpanan data. Compact disc, dapat dibaca melalui media yang disebut dengan CD ROM atau DVD ROM.
Pada awalnya, compact disc hanya digunakan sebagai media penyimpanan audio. Namun seiring dengan perkembangan, media ini digunakan juga sebagai media penyimpanan umum, selain audio.
Ukuran compact disc ada beberapa macam, dan secara umum yaitu: berdiameter 12 centimeter, serta untuk ukuran dibawahnya adalah: 8 centimeter.
Kapasitas compact disc 700 mb, dan untuk ukuran sekarang 700mb itu dapat dibilang sangat kecil.

HD-DVD
Selain compact disc, ada juga DVD disc. Secara fisik ialah sama, karena memiliki ukuran yang sama. Namun jika dilihat dari kapasitasnya, DVD memiliki daya tampung lebih banyak.
Pada awalnya DVD digunakan untuk menyimpan video.  Dilihat dari namanya, DVD (digital video disc) sanggup menyimpan lebih dari tiga kalinya compact disc. DVD memiliki daya tampung antara: 4 hingga 8 GB (DVD layar ganda).
Perkembangan teknologi penyimpanan dalam bentuk cakram tidak berhenti pada DVD.  Meski daya tampung DVD sudah besar, kini hadir dengan ukuran yang lebih besar lagi, yaitu yang disebut dengan HD-DVD. Media cakram optik HD-DVD memang dirancang untuk menggantikan DVD. Daya tampung yang dimuat sampai mencapai: 30 Gigabyte.   
Standar format HD-DVD dikembangkan oleh perusahaan Toshiba dan NEC. Namun, format kapasitas besar ini memiliki tandingan yang disebut dengan Blue Ray. Format Blue Ray dikembangkan oleh perusahaan Sony.




DVD (DIGITAL SERBAGUNA DISK)


Apa ITU DVD
DVD adalah singkatan Digital Versatile Disk. Sebagai informasi, DVD sempat diberi julukan “Delayed, Very Delayed”. Hal ini disebabkan lamanya format ini diluncurkan di pasaran. Bahkan berbagai studio film memberi julukan “Digital Video Disc”. Singkatan ini diubah menjadi Versatile Disk oleh beberapa aplikasi. Oleh sebab itu untuk menghilangkan ambigu terhadap singkatan DVD yang ada, forum DVD yang menaungi perkembangan DVD memutuskan untuk mengunakan nama DVD saja.

Sejarah Singkat DVD
Pada awak tahun 1990-an, perusahaan-perusahaan maju yang ikut serta dalam pengembangan tekologi optik (CD) mengusulkan pengunaan media baru yang memberikan jaminan akan daya tampung yang lebih besar. Usulan dari perusahaan-perusahaan akan media baru inilah yang kita kenal dengan nama DVD sekarang ini. Perusahaan-perusahaan yang peduli akan perkembangan teknologi optik ini kemudian membentuk suatu konsorsium yang terdiri atas: JVc, Hitachi, Matsushita, Mitsubishi, Philips, Pioneer, Sony, Thompson, Time-Warner, dan Toshiba. Tapi, tidak lama kemudian akan aktif lagi dan digantikan dengan kehadiran forum DVD. Teknologi DVD pertama kali diperkenalkan oleh negara Jepang pada tahun 1996. Tidak lama kemudian, format ini mulai masuk ke pasar Amerika dan sekarang telah banyak digunakan di berbagai belahan dunia. Jika anda cermati, berbagai jenis PC bermerek yang ada di pasaran juga mulai mengunakan drive DVD bahkan ada juga yang menyertakan DVD writer dibandingkan mengunakan CD-ROM aau CD Writer.
Format DVD memiliki sejarah yang penuh dengan ketidakpastian serta mendapat berbagai proses dari berbagai pihak. Format DVD yang menjadi kontroversial ini diawali oleh berbagai protes yang datang dari studio film pada tahun 1996. Di mana pada saat itu banyak studio film yang mengkwatirkan akan kedatangan format ini malah akan menambah jumlah pembajakan akan teknologi optik seperti halnya CD musik atau film yang dapat dengan mudah didapatkan dengan harga murah bahkan gratis. Perdebatan antara studio film dengan format DVD mengakibatkan format ini agak tertunda selama hampir 1 tahun. Setelah itu, format ini juga mengalami masalah dalam hal format DVD yang berbagai jenis di pasaran.

Teknologi membuat DVD
DVD memang merupakan teknologi yang hebat tapi apa saja keunggulan yang dimiliki format baru ini? Berikut adalah keunggulan dari DVD :
·         Kapasitas yang jauh lebih besar, Dengan daya tampung yang esar maka DVD dapat menyimpan video berdurasi kurang lebih 2 jam dengan kualitas tinggi
·         Dukungan terhadap Wide-Screen, Dengan format ini, anda dapat melihat film layar lebar yang memakai format widescreen atau biasa disebut layar lebar menguakan aspect ratio (16:3)
·         Materi yang terstruktur, Video yang berdurasi lama dapat dibuat lebih terstruktur dengan membagi bagian video dalam bentuk indeks. Jadi, anda yang mempunyai video kenangan perkawinan, atau video uang tahun anda dapat langsung melihat atau memutar adegan yang diinginkan tanpa harus melihat video dari awal atau mengunakan navigasi yang ada ada di player multimedia.
·         Video terlihat lebih menarik, Video yang mengunakan format DVD dapat terlihat lebih menarik karena dapat membuat video pembuka yang mendukung multimedia seperti roll-over, suara background, label, slow motion, freeze, fast forward, dll
·         Lebih tahan lama, Seperti halnya CD, DVD memiliki ketahanan dalam hal pemakaian. Anda tidak perlu kwatir video anda aka cepat rusak meski sering diputar.

Format DVD Apa ITU
DVD memiliki format yang cukup banyak. Akibatnya, DVD belum memiliki fomat yang standar. Oleh karena itu, sebelum Anda membeli DVD atau DVD writer, pastikan format tersebut didukung oleh negara kita dan jika ingin dibawa ke tempat lain pastikan dapat dibukan dengan memilih format DVD yang sesuai. Berikut berbagai jenis DVD yang ada di pasaran:
1.      DVD-R, Format yang paling banyak digunakan dibanding yang lain. Dapat dimainkan atau diputar di kebanyakan DVD Player dan DVD-ROM komputer. Jadi, pastikan jika anda ingin menulis data ke dalam DVD gunakan format umum yang satu ini.
2.      DVD+R, Format ini mempunyai keunggulan dalam hal kecepatan. Meski format DVD+R lebih cepat dibanding DVD-R, format ini belum tentu didukung oleh drive dengan format DVD-R
3.      DVD+RW (DVD-Re-recordable), Format ini sama dengan formaDVD-R, perbedaan DVD-RW dapat ditulis berulang hingga 1000 kali.
4.      DVD+RW (DVD+Rewritable), Format ini lebih diarahkan digunakan untuk kebutuhan seperti real time video recording. Format ini dapat ditulis hingga 1000 kali.
5.      DVD±R, Bukan merupakan salah satu jenis format DVD, melainkan drive yang dapat memainkan standar DVD-R/W dan DVD+R/W.
6.      DVD-RAM (DVD-Random Access Memory), Format yang bekerja layaknya flash disk atau disket. Kekurangan dari format ini adalah DVD-RAM hanya bisa diakses oleh drive DVD-RAM.
7.      DVD-Video, Format ini dipakai pada video dengan musik, kualitas pada video yang ditawarkan baik itu video maupun audio, tajam, dan jernih. Namun, DVD-Video tidak memberikan kualitas audio sebagus format DVD-Audio atau SCAD.
8.      DVD-Audio, Ditujukan untuk data audio dengan kualitas tinggi dengan dukungan suara surround. Format ini mampu menampung file musik kualitas tinggi selama 74 menit.
9.      SACD (Super Audio CD), Format ini memberikan kualitas audio yang tinggi. Untuk itu, DVD yang mengunakan format SACD tidak bisa dimainkan di player dengan format DVD Video.

Kapasitas DVD
Format
Kapasitas
Sekitar. Film Waktu
Satu-sisi / single-layer
4.38 GB
2 jam
Satu-Sisi / double-layer
7.95 GB
4 jam
Dua sisi / single layer
8.75 GB
4,5 jam
Dua Sisi / double-layer
15.9 GB
Lebih dari 8 jam

Apa itu Dual Layer
Sekeping DVD yang mengunakan teknologi single layer pada umumnya dapat menampung data sebesar 4,7 GB.  Tetapi dengan perkembangan teknologi yang lebih hebat. Sekeping DVD dapat menampung data sampai 17 GB.  DVD jenis ini mengunakan teknologi  double-sided   dan  double layered . Sekeping DVD degan teknolgi single-sided double-layered dapat menampung data sampai 8,5 GB.   

Tahukan Anda?
DVD yang Anda lihat dengan mata telanjang terlihat jalur data berbentuk spiral. Pada bagian DVD yang mengunakan teknologi single layer, jalur data dimulai dari lingkaran paling dalam ke lingkaran luar. Data yang dimasukan ke DVD sangatlah kecil. Dimana setiap jalur dengan ukuran sekecil itu tedapat banyak jalur dalam sekeping DVD. Jika Anda menarik garis lurus dari data yag ada di bagian DVD, akan ada jalur sepanjang 7,5 mil! Yang artinya pada DVD yang mengunakan double sided-double layer, garis lurus berupa data yang membentang akan lebih jauh lagi yaitu, sepanjang 30 mil atau 48 km.




CD (DISC COMPACT)

CD atau compact disc adalah sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik berlapis bahan yang dapat dialiri listrik, sehingga bersifat magnet. CD juga menyimpan data. Data direkam di atasnya, kemudian dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi yang dinamakan head. Selama proses pembacaan, head tidak bergerak sama sekali. Sedangkan piringan disk bergerak di bawahnya. CD ini bisa menyimpan 783 MB informasi audio pada salah satu sisinya

Bahan Pembuat
Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit.

Cara Kerja CD
Sobat-sobat mau tahu enggak, bagaimana cara kerja sebuah CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD.
Nah sejak itulah, kita mulai akrab dengan CD, baik ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, atau membuka data lain termasuk aplikasi data komputer. Makanya enggak heran, kalau CD dikenal sebagai produk teknologi yang paling berhasil sepanjang sejarah kehidupan manusia. Pada tahun 60-an, Stanford Ovshinsky telah menemukan optical disk. penemuan ini telah mengganti tekhnologi pita Casette sebagai storage device.
Proses pembuatan CD dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari laser. Sinar laser tersebut membentuk lubang berukuran mikro. lubang tersebut membentuk kode yang isinya berupa data. lalu lapisan platik tersebut dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul.data direkam di optical disk dengan cara membakar lubang kecil. oleh karenanya optical disk tidak dapat dihapus. Tapi saat ini sudah diciptakan optical disk yang dapat menulis ulang yang sering kita sebut sebagai CD rewriter. CD-RW tersebut dipelopori oleh perusahaan matsushita di Jepang.
Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan, maka saat ini juga telah tercipta DVD. proses pembuatannya pun sama. Hanya saja DVD dapat menampung data hingga puluhan GB. Tapi dengan berkembangnya ilmu pengetahuan pula, ini menyebabkan suatu produk dapat dicopy kan ke Cd lain atau dengan kata lain di Bajak. maka perusahaan Sony telah menciptakan optical disk baru bernama Blue Ray.

Sejarah CD
CD atau compact disc adalah sebuah piringan bundar yang terbuat dari logam atau plastik berlapis bahan yang dapat dialiri listrik, sehingga bersifat magnet. CD juga menyimpan data. Data direkam di atasnya, kemudian dibaca dari disk dengan menggunakan kumparan pengonduksi yang dinamakan head. Selama proses pembacaan, head tidak bergerak sama sekali. Sedangkan piringan disk bergerak di bawahnya. CD ini bisa menyimpan 783 MB informasi audio pada salah satu sisinya lho.
Disc terbuat dari bahan polycarbonate yang dilapisi dengan alumunium karena permukaannya yang reflektif. Informasi dilacak dari CD dengan menggunakan laser berintensitas rendah yang ditempatkan di dalam optical disc player atau drive unit.
Sobat-sobat mau tahu enggak, bagaimana cara kerja sebuah CD? Laser akan menyinari lapisan pelindung yang bening, ketika motor drive di CD player bekerja memutar disc. Laser itulah yang berfungsi melacak dan menampilkan data, baik dalam bentuk suara, gambar, ataupun data yang direkam di salah satu sisi CD.
Nah sejak itulah, kita mulai akrab dengan CD, baik ketika sedang mendengarkan musik, menonton film, atau membuka data lain termasuk aplikasi data komputer. Makanya enggak heran, kalau CD dikenal sebagai produk teknologi yang paling berhasil sepanjang sejarah kehidupan manusia.
James T. Russell adalah orang yang pertama kali menemukan CD. Sejak kecil, James dikenal dengan jiwa penemunya. Pada tahun 1937, saat berusia 6 tahun, James membuat remote control untuk kapal perangnya dengan menggunakan kotak makan siangnya. James juga termasuk orang pertama yang menikmati televisi dan keyboard sebagai media masukan data ke komputer.
James seorang penggila musik di masa itu. Dia sangat tidak puas dengan kualitas musik yang dihasilkan keping piringan hitam gramafon (phonograph). Karena penasaran, sampai-sampai James bereksperimen menggunakan duri kaktus sebagai jarum pembaca piringan hitam. James sudah menduga kalau hasil eksperimennya sia-sia. James menginginkan sistem yang akan merekam dan memutar kembali lagi sebuah lagu tanpa harus kontak langsung antarbagiannya. James melihat bahwa cara terbaik untuk itu adalah dengan menggunakan cahaya.
Setelah jungkir balik memeras otak selama beberapa tahun, akhirnya dia menemukan cara menyimpan data dalam piringan sensitif cahaya. Data ini dimodelkan dalam `bit` cahaya yang sangat kecil. Sebuah sinar laser akan membaca struktur bit cahaya ini, kemudian komputer akan mengubah data ini ke dalam sinyal elektronik. Dan untuk pertama kalinya lahirlah compact disc. Kemudian pada tahun 1970, James menerima hak paten.
Pada tahun 1972, Klass Compaan, seorang ahli fisika di Phillips Research bersama temannya, Piet Kramer, berhasil menampilkan model video disc berwarna pertama. Pada waktu itu belum dipublikasikan secara luas karena masih banyak kelemahannya.
Pada waktu yang hampir bersamaan, Phillips meluncurkan audio CD pertama ke pasaran, namun mengalami masalah pada saat proses menerjemahkan data, sehingga gagal putar. Kemudian pada tahun 1978, Phillips bekerja sama dengan Sony, dan mengembangkan standar baku untuk memproduksi CD. Dua tahun kemudian, Phillips dan Sony berhasil meluncurkan audio digital compact disc dengan standar baku, dan mulai dipasarkan secara resmi di Eropa dan Jepang pada tahun 1982. Baru pada tahun 1983, CD mulai dipasarkan di Amerika Serikat.
Sobat-sobat, siapa yang sangka ya, kalau CD diciptakan dari sebuah kegagalan. Ditemukan oleh James T. Russell, seorang ilmuwan bermodal nekat. Lalu disempurnakan oleh dua raksasa perusahaan elektronik dunia, Phillips dan Sony. Dan kini, CD menjadi salah satu produk teknologi yang paling berhasil di dunia.



0 komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

X-Steel Pointer

Text Widget

Blog Archive